menu melayang

Senin, 03 Juli 2023    

Catatan Pribadi MASTERPIECE : Alur / Proses Pembentukan Market Structure

Advertisement

Catatan Pribadi MASTERPIECE : Alur / Proses Pembentukan Market Structure

Catatan Pribadi MASTERPIECE : Alur / Proses Pembentukan Market Structure

Alur (proses) Pembentukan Struktur market

Alur (proses) Pembentukan Struktur market bermula dari pullback. Selanjutnya pullback menghasilkan internal struktur, lalu internal struktur menghasilkan external struktur. Jadi semua saling terhubung atau berkaitan. Yaitu bermula dari pullback dan diakhiri oleh external struktur.

Low valid = Break minor high sebelah kirinya.

Low valid menjadi bos saat dibreak oleh high (range atas) yang telah break minor high sebelumnya.

(range bawah) Pullback sebagai tanda dimulainya retracement.

Harga yang retracement (conter trend): Fibo sebagai panduan, sementara acuannya adalah order flow, order block, imbalance, SnD sebagai akhir dari retracement dan kemudian turun lagi membentuk struktur baru melanjutkan downtrend (follow the trend).

Pola retracement dapat menjadi:

1. wave AB 

didalam retracement bisa saja terjadi wave ABC (struktur eksternal struktur, ada induecemetn, BOS, Minor low/high). namun adakalnya hanya berupa struktur internal saja.

Namun jangan beranggapan struktur eksternal di retracement menjadi acuan untuk melanjutkan trend. untuk acuan melanjutkan struktur tetap mengikuti struktur utama bukan dari retracement. 

Struktur utama hanya sah jika sudah terjadi BOS. Sehingga jika hanya mengambil minor low struktur retracement maka itu belum valid menjadi lower high pada contoh kasus downtrend. Karena ada peluang membuat struktu wave ABC.

2. Ralley Base Rally (downtrend) /Drop Base Drop (uptrend)

3. Single move

-----

Saat inducement sudah diambil, itu pertanda bahwa retracement dimulai. Pertanyaan selanjutnya retracementnya sejauh mana?

Marking entry poin yang berpotensi follow the trend.

Cari order block yang belum termitigasi.


Saat menemukan inducement di High Time frame misal di H4 maka coba lakukan pengecekan di lower time frame misalnya di H1. 

Kemudian cari BOS terakhir di H1 tersebut. 

Nah, jika Inducement H4 merupakan High valid H1 dan telah dibreak maka itu pertanda real choch sebagai sinyal perubahan trend telah dimulai.

Pada saat market sedang retracement dan kita mencari entry poin untuk follow the trend, jika terkena SL maka kemungkinan besar retracementnya masih berlanjut.  Maka selanjutnya coba membidik ABC di timeframe yang sama dengan mencari inducement. sehingga saat harga menjemput inducement di wave ABC (semisal ada Order Block) maka harga akan mengantarkan ke entry poin struktur utama untuk melanjutkan trend atau struktur utama kembali.


Advertisement

KONSULTASI VIA WA

Hubungi Saya Via WhatsApp

BLOG POST

RELATED POST

Back to Top

Cari Artikel

Advertisement

PRODUK DIGITAL


PAKET NELPON TELKOMSEL PAKET SMS TELKOMSEL
TOOLS OTOMATIS SELLER SHOPEE TOOLS OTOMATIS KONTEN AFFILIATE SHOPEE tools otomatis facebook
DAFTAR AGEN PULSA KOLEKSI PRODUK ARMAILA

ARM

Advertisement

FACEBOOK

AGEN PULSA

RANDOM POST

Iklan

Close x